Minggu, 19 Februari 2012

Apa Peran Orang Tua Hadapi Pornografi

Ulasan Artikel by Syahrul Ismet 
Judul Artikel: Apa Peran Orang tua Hadapi Pornografi?
Penulis:  Yayasan Kesejahteraan Anak Indonesia (YKAI)

 ULASAN

Anak dan Media
Artikel berisi harapan kepada pemegang kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Kabinet Indonesiaa Bersatu Jilid II (Prof Muhammad Nuh) yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informasi, untuk berbuat lebih banyak terutama menghadapi tantangan pedidikan media teknologi informasi, khususnya pornografi. Tentunya, dengan pengalaman sebagai Menteri Komunikasi dan Informasi, mantan Rektor Institut Teknologi Surabaya diharapkan akan memberikan kontribusi besar dalam percepatan penggunaan media TIK di dunia pendidikan serta kebijakan antisipasi dampak negatifnya.


YKAI menegaskan perlunya orang tua memiliki kompetensi yang sama dengan anak-anak dalam penggunaan TIK dalam kehidupan sehari-hari mereka khususnya interaksi anak-anak dengan internet dan aktifitas online. Karena selama ini kelemahan kontrol orang tua terhadap anak disebabkan gap yang jauh antara kemampuan anak dengan orang tua. Perhatian penuh harus dilakukan semua pihak seperti yang dilakukan oleh YKAI, karena perkembangan TIK saat ini tengah memasuki totalitas kehidupan nyata anak. Apalagi Depdikbud telah merencanakan APK (Angka Partisipasi Kasar) sebesar 70% di tahun 2014. 

YKAI  sebagai lembaga swadaya masyarakat yang konsen dalam dukungan kegiatan untuk mensejahterakan anak Indonesia, menekankan pentingnya antisipasi dampak media yang mengandung unsur pornografi media bagi anak. YKAI memberikan delapan prinsip kepada orang tua TIK yang ramah untuk anak, yang dapat dilakukan oleh para orang tua dalam rangka melindungi anak dari dampak pornografi. Delapan prinsip tersebut adalah: (1) Pastikan tujuan pendidikan; (2) Mendorong kolaborasi; (3) Mengintegrasikan dengan aspek-aspek lain dari kurikulum; (4) Anak harus berada dalam kontrol; (5) Pilih aplikasi yang transparan dan intuitif; (6) Hindari aplikasi yang mengandung kekerasan; (7) Sadar akan isu kesehatan dan keselamatan; dan terakhir (8) 

Pendidikan mendorong keterlibatan orang tua. YKAI menjelaskan prinsip-prinsip yang menarik dan komprehensif tentang pedoman TIK yang ramah bagi anak, yang sangat membantu anak mendapatkan informasi yang tepat serta menekankan kepada pentingnya pengetahuan dan sikap orang tua terhadap TIK saat ini. Penulis merasakan kepedulian YKAI ini merupakan pioner dalam mengemban isu-isu perlindungan anak dari media negatif. Untuk itu perlu dikembangkan dengan kesadaran melek media (media literasi)  di seluruh lapisan masyarakat khususnya para orang tua, para praktisi media anak usia dini serta penentu kebijakan TIK untuk anak usia dini. 

ARTIKEL 

Sumber Artikel: http://www.ykai.net/index.php?option=com_content&view=article&id=502:apa-mungkin-kita-mempunyai-tik-ramah-anak&catid=89:artikel&Itemid=121 

Judul: Apa Peran Orang tua Hadapi Pornografi?
YKAI(Yayasan Kesejahteraan Anak Indonesia: 

Media sangat dekat dengan anak
Besar harapan yang digantungkan kepada Prof. Muhammad Nuh terpilih sebagai Menteri Pendidikan Nasional pada Kabinet Pembangunan Bersatu II. Kehadirannya di departemen yang akan mempersiapkan anak Indonesia yang sehat, mandiri, beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, cinta tanah air, berdasarkan hukum dan lingkungan, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki etos kerja yang tinggi serta berdisiplin. Pertanyaannya adalah bagaimana mewujudkan teknologi informasi dan komunikasi yang ramah anak, terutama untuk efektivitas, efisiensi, pengaruh, dan keberlanjutan bagi anak khususnya anak usia dini?

Program PAUD merupakan salah satu program prioritas Depdiknas. Karena pada masa usia PAUD 0-6 tahun adalah masa yang paling potensial untuk membangun dan menumbuhkembangkan potensi anak. Wujud dari upaya Depdiknas ini terlihat dari perkembangan Angka Partisipasi Kasar (APK) PAUD, 50,03 persen dari 29,8 juta anak pada tahun 2008 dan 53,9 persen pada tahun 2009. APK PAUD formal maupun PAUD nonformal akhir tahun 2009 adalah baik yang dikelola Depdiknas maupun Departemen Agama. Depdiknas menargetkan APK PAUD sebesar 72 persen pada tahun 2014.

Ditunjuknya Muhammad Nuh, yang sebelumnya sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika, membawa angin segar bagi pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di bidang pendidikan. Melalui pemanfaatan TIK, target PAUD 2014 akan tercapai. Harapan yang terlalu besar ini kepada Menteri Baru, sudah barang tentu harus disertai dengan langkah-langkah bagaimana mempersiapkan TIK dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Donna Rice Hughes dalam bukunya “Kids Online: Protecting Your Children in Cyberspace”, 1998, menyatakan bahwa “Kita berada di garis-depan medan pertempuran untuk membuat internet aman untuk anak-anak kita.” Melalui buku ini setiap orangtua mendapat informasi dan menjadi rujukan yang berharga sewaktu mereka berjuang untuk membesarkan anak-anak di jaman digital. Pengenalan teknologi informasi dan komunikasi kepada anak perlu didasari oleh teori perkembangan anak di usia 0-8 tahuan – 0-2 tahun, usia pembinaan orang tua; 2-4 tahun, usia pra sekolah; 4-6 tahun, usia sekolah formal; dan 6-8 tahun, usia persiapan pendidikan dasar. Perkenalan mengenai teknologi informasi setiap kategori usia dini berbeda.

Gap Generasi-Teknologi
Biasanya anak-anak mengetahui jauh lebih banyak dari yang orang tua lakukan terhadap teknologi baru. Meskipun orang tua berusaha untuk mengatur settingan komputer, anak-anak mengklik hal yang menarik selama mereka berselancar di dunia maya, yang dulu mungkin belum ada sewaktu orang tuanya seusia mereka. Anak-anak telah banyak terpapar baik manfaat dan bahaya internet. Kolega saya bercerita – dari “sepuluh muridnya, ada 4 muridnya sangat keranjingan komputer”. Sulit baginya untuk mengatasinya, jangan sampai anak didiknya memperoleh bahaya daripada manfaatnya. Karena kolega saya juga mempunyai keterbatasan dalam penguasaan teknologi. Bagaimana orang tua mulai menjembatani kesenjangan ini, sehingga orang tua dapat membantu anak-anaknya bersiap-siap untuk menggunakan “Teknologi Informasi Komunikasi sesuai dengan umurnya? Tantangan bagi keterlibatan dalam media global ini mungkin tampak lebih sulit daripada yang telah dihadapi sebelumnya sebagai orangtua, guru, sekolah, penyelenggara TIK dan masyarakat. Apalagi, pada saat ini pemenuhan TIK mendapat perhatian dan dukungan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa. Hamadoun Touré, Sekretaris Jenderal ITU menyebutkan bahwa "ITU berkomitmen untuk menghubungkan dunia. Dan untuk mencapai tujuan ini, perangkat terjangkau harus dibuat tersedia bagi setiap orang di mana mereka berada untuk mengambil manfaat dengan mengakses pengetahuan informasi berbasis masyarakat (http://portal.unesco.or). 

Untuk mewujudkan keinginan tersebut, PBB memberikan Laptop gratis kepada peserta Konferensi Asia di Bangkok 2008, sebagai upaya untuk meningkatkan akses murah teknologi informasi dan komunikasi di seluruh dunia. Kita harus menyadari bahwa melalui Online, banyak manfaat yang dapat diperoleh anak-anak: Peluang pendidikan; Keterampilan membaca; Komunikasi; Hiburan; Dan lain-lain. Namun, dengan hebatnya kemampuan Teknologi Informasi Komunikasi secara ‘Online’, sama seperti dengan industri cetak dan film; teknologi internet/online – anak-anak dapat menemukan beberapa hal yang tidak aman, konten yang berbahaya, dan kegiatan illegal di komunitas internet/online. Bahaya yang dimaksud antara lain: Distribusi pornografi; Seksual predator; Informasi yang salah dan pesan tersembunyi; Kehilangan privasi; Amoral; Pengembangan masa anak dari gangguan perilaku. 

TIK Ramah Anak 
Media dan dampaknya
Untuk menyediakan TIK dalam PAUD yang ramah anak perlu memperhati kan kesehatan dan keselamatan anak. TIK yang digunakan memperhatikan perkembangan anak. Selain itu pula TIK dalam PAUD memperhatikan waktu yang singkat (10-20 mnt (3thn), 40 mnt (8thn)), serta peralatan dan ruang yang cocok bagi anak. YKAI sebagai lembaga swadaya masyarakat yang konsen dalam dukungan kegiatan dan dukunganmensejahterakan anak Indonesia, menekankan pentingnya antisipasi dampak media yang mengandung unsur pornografi media bagi anak. YKAI memberikan delapan prinsip kepada orang tua TIK yang ramah untuk anak, yang dapat dilakukan oleh para orang tua dalam rangka melindungi anak dari dampak pornografi. Delapan tips tersebut adalah: (1) Pastikan tujuan pendidikan; (2) Mendorong kolaborasi; (3) Mengintegrasikan dengan aspek-aspek lain dari kurikulum; (4) Anak harus berada dalam kontrol; (5) Pilih aplikasi yang transparan dan intuitif; (6) Hindari aplikasi yang mengandung kekerasan; (7) Sadar akan isu kesehatan dan keselamatan; dan terakhir (8) Pendidikan mendorong ketertiban orang tua.

Tidak ada komentar: